Minggu, 24 November 2013

Sistem Pakar Serta Contoh Kasusnya

Pengertian Sistem Pakar
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

Contoh Kasus
Pada anda yang bermobilitas dari depok menuju arah pasar minggu lewat jalur depan universitas pancasila setiap jam jam tertentu (3-5 sore) pasti anda akan mendapatkan macet disekitaran stasiun lenteng agung apalagi pada waktu hari hari libur( sabtu – minggu) akan semakin parah terlihat antrian kendaraannya.
Sumber kemacetan yang paling utama adalah banyaknya orang-orang yang menyebrang jalan, lalu angkot yang berhenti menunggu penumpang, serta beberapa motor berani melawan arah padahal kondisi jalan sedang macet.
Saya pernah mencoba lewat sana dengan menggunakan sepeda motor dan saya mencoba membandingkan pada saat lancar, ternyata lumayan jauh perbedaan waktunya, sekitar 15-25 menit lebih lama dari perbandingan lancar. Maka dari itu saya mempunyai beberapa solusi (sistem pakar) yang bisa diambil dari masalah tersebut diantaranya:

- Buat jembatan penyebrangan di depan stasiun
- Kerahkan para polisi untuk mengamankan kondisi sekitar dari hal-hal yang berpotensi menimbulkan kemacetan.
- lakukan ( bila perlu) pelebaran jalan dalam jangka waktu lama
- bila jembatan kurang efektif, bisa menetapkan/memasang rambu-rambu lalu lintas
- buat jalur angkot sendiri (seperti kondisi terminal depok yang dipisahkan dengan trotoar bergaris)

- Buat peraturan daerah/tersendiri tentang peraturan-peraturan yang bisa ditetapkan yang menimbulkan efek jera.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar