Kamis, 07 November 2013

Mengendalikan Fungsi Manajemen (Bagian 2)

A. Tipe-tipe Kontrol
a.    Metode Pengendalian Umpan Maju.
Mengantisipasi masalah sebelum terjadi, dimana kontroler berada sebelum plant.
b.    Metode Pengendalian Berjalan atau Bersamaan
Mengelola masalah pada saat terjadi, dimana kontroller melaksanakan suatu rencana/atau yang sedang berlangsung dan berfikir bagaimana menyelesaikan suatu masalahnya.
c.    Metode Pengendalian Umpan Balik
Mengelola masalah setelah terjadi dimana kontroller berada setelah sensor umpan balik.

B. Kontrol proses manajemen
Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis. Sesungguhnya keempat proses itu merupakan hasil ikhtisar dari pelbagai pendapat praktisi dan ahli mengenai manajemen.
Sedangkan kontrol proses manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan organisasi., dengan kata lain pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk menjamin bahwa sumber manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh. Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan manajemen sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses perencanaan strategi.



Sumber:
hernawanation.files.wordpress.com/2010/11/fungsi-pengendalian.ppt
http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI.AKUNTANSI/195407061987031-KARLI_SOEDIJATNO/Akmen/Chapter_9/SISTEM_PENGENDALIAN_MANAJEMEN_YANG_DAH_DIEDIT.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar