Minggu, 06 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi

Informasi

Pengertian Informasi Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang atau bisa disebut informasi adalah sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi penerimanya.

Sistem Informasi Psikologi

A. Sistem
Asal kata Sistem berasal dari bahasa Latin systema  dan bahasa Yunani sustema.  sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.  Atau dapat juga dikatakan bahwa Pengertian Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, secara umum Pengertian Sistem adalah perangkat unsur yang teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.  

B. Informasi
informasi adalah sekumpulan data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi penerimanya.Gordon B. Davis (1991: 28), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

C. Psikologi
Pengertian Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Jadi dapat disimpulkan Bahwa Sistem informasi Psikologi adalah suatu komponen atau perangkat unsur yang  berbentuk data yang saling berkaitan dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang berkaitan tentang perilaku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

Arsitektur Komputer

arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Atribut dari sistem sistem komputer yang terkait dengan seorang programer
Contoh : set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme

Strukur Kognisi Manusia 

struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

Analisis Sistem Penggajian

Penggajian karyawan adalah hal terpenting menyangkut kinerja karyawan dimana ada banyak sekali mekanisme mekanisme penggajian dimasing masing perusahaan yang pembayarannya ditransfer lewat atm maupun datang ke loket atau tempat pengambilan gaji/fee.


Biasanya bagian hrd salah satu divisinya mengurus tentang penggajian dimana yang bekerja sebagai payroll. Payroll itu mengawasi atau mengurusi penggajian orang-orang yang bekerja di suatu kantor tersebut. Pengambilan cuti, sakit, dan sebagainya. Gaji seseorang itu bisa berbeda apabila dalam pekerjaanya orang tersebut terlihat malas, kurang maksimal, terlibat dalam suatu masalah dibandingkan dengan orang yang rajin dan sebagainya

Sistem penggajian yang baik adalah dimana ketika suatu sekelompok pekerja masuk pada suatu perusahaan secara bersamaan dan pada beberapa waktu gaji mereka semua naik dan kinerjanya maksimal atau bisa disebut gaji berbanding lurus dengan kinerja seseorang. Sebaliknya jika banyak yang digaji lebih tetapi kinerja kurang maka perusahaan tersebut tidak berhasil memaksimalkan usahanya.

Didalam sistem penggajian ada yang namanya promosi. Promosi merupakan bagian dari elemen sistem penggajian yang baik. Karyawan yang dipromosikan harus mendapat kenaikan gaji yang lebih dibandingkan dengan kenaikan gaji tahunan karena setiap promosi memperhitungkan kinerja dan semangat kerja seseorang.
Karena sistem penggajian yang baik semestinya tidak hanya kinerja saja yang dinilai untuk membedakan fee yang didapat melainkan harus memperhitungkan keseimbangan yang baik dalam internal (hubungan dalam intern sesama karyawan) dan keseimbangan eksternal (bagaimana attitude terhadap atasan, sikap orang tersebut terhadap seminar dll)

 Kelebihan dan kekurangan

 Menurut saya sistem penggajian mempunyai kelebihan sebagai berikut :

1.Sebagai daya tarik bagi karyawan yang diperlukan oleh Perusahaan.
2.Memelihara kesejahteraan Karyawan dan juga mempertahankan untuk tetap bergabung dengan Perusahaan.
3.Sebagai nilai timbal balik atas kinerja karyawan.

Menurut saya sistem penggajian mempunyai kelemahan diantaranya :

1. Keterlambatan pemberian informasi mengenai jumlah anak yang bertambah membuat bendahara gaji harus melakukan perhitungan ulang gaji dengan menambahkan jumlah tunjangan anak. Hal tersebut akan memperlambat kinerja proses.
2. Adanya kenaikan pangkat pegawai yang menyebabkan bendahara gaji harus meminta kekurangan gaji atau rapel pada bulan berikutnya, sehingga akan semakin memperpanjang waktu tanggap
3. Pada sistem penggajian manual memerlukan waktu yang sangat lama untuk antre apabila telah jatuh tempo.
4. Sistem gaji online juga mungkin terjadi keterlambatan uang atau pending atau bahkan tidak terkirim.
5. Dampak Psokologis yang signifikan tentang orang yang sakit mengalami pemotongan gaji.
6. Apabila bendahara gaji yang mengurusi sistem penggajian berhalangan hadir saat penggajian dilaksanakan, proses penggajian akan terhambat karena tidak ada pengganti yang mengurusi sistem penggajian tersebut.
7. Jika proses mengalir uang ke para pekerja mengalami hambatan diperlukan waktu yag melebihi jatuh tempo.
  

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar