Selasa, 30 November 2010

Kasih

Kasih
Pengertian Kasih:
Kasih adalah bagaimana kita memberi yang terbaik buat orang lain, baik itu membahagiakan, tidak merebut kebahagiaan orang lain, membuka pintu hati. Atau bisa dibilang kasih adalah sebuah kata yang indah untuk dikatakan, kasih itu mengandung kata-kata dan perasaan yang lahir dari sanubari(perasaan).Kasih itu identik dengan cinta dan rasa sayang, karena Kasih itu mengandung perasaan maka kasih banyak macamnya seperti : Cinta kasih, Kasih sayang dll
Pengertian Kasih sayang:
Pengertian Kasih sayang adalah untaian rasa yang bisa diberikan seseorang kepada orang yang disayangi tetapi dimaksud dengan kasih dan sayang di sini bukan sekadar hubungan cinta atau asmara antara seorang laiki-laki dan perempuan saja. Namun lebih bersifat universal. Sehingga hal ini bisa terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain. Dan yang perlu ditekankan adalah, bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor duakan demi memberi kebahagiaan pada orang yang dikasih dan disayanginya.
Klasifikasi Ruang lingkup Kasih :
1. Kasih sayang dalam lingkungan keluarga,

kasih orang tua kepada anak, kasih suami kepada istrinya, kasih antara orang yang bersaudara dan berkeluarga.
2. Kasih sayang dalam lingkungan tetangga dan kampung.
Suatu pertalian kasih sayang yang timbul dan tumbuh karena hidup bersama dalam suatu lingkungan tetangga dan kampung.
3. Kasih sayang dalam lingkungan bangsa.
Perasaan kasih sayang dan simpati yang timbul akibat persamaan rumpun, suku bangsa, rasa senasib dalam perjuangan yang menyangkut kenegaraan.
4. Kasih sayang dalam lingkungan kegamanaan.
Mencintai dan mengasihi sesame orang yang seagama karena memandang saudara dalam akidah dan keyakinan.
5. Kasih sayang dalam bentuk perikemanusiaan.
Mencintai sesame manusia atas dasar pengertian bahwa manusia adalah sama – sama berasal dari satu keturunan, asalnya satu bapak dan satu ibu.
6. Kasih sayang kepada sesame mahluk (Universal)
Misalnya saling mengasihi, mengasihi hewan dan tumbuh – tumbuhan.

Dan Berikut adalah Bagaimana Memelihara Cinta Kasih dalam keseharian :
1. Kita harus menyadari bahwa setiap manusia di dalam lubuk hatinya telah memiliki cinta kasih yang merupakan keberadaan Ilahi dalam dirinya.
2. dengan cara mendekati hadirat Tuhan setiap hari, naik melalui doa, pujian, penyembahan dan meditasi.
3. Cara terbaik untuk memelihara cinta kasih adalah dengan memelihara, mengembangkan hubungan pribadi yang sangat indah dengan Tuhan. Dengan tekun berdoa dan bermeditasi, kita dapat bertumbuh dan berkembang secara spiritual dan mampu mendengarkan suara Tuhan. Sebagai pemandu kita dalam setiap langkah kehidupan.
Oleh Karenanya kita harus menjaga agar kasih dan sayang itu tetap terjaga dalam diri kita karena Kekuatan inilah yang dapat mengubah bukan hanya kehidupan kita, tetapi juga mengubah kehidupan orang lain disekitar kita, lingkungan tempat kita bekerja, komunikasi dimana kita tinggal dan bahkan umat manusia pada umumnya.

Sumber :
http://yodi-adhari.blogspot.com/2010/04/pengertian-cinta-dan-kasih.html
http://www.sellysilvana.web.id/index.php?option=com_content&view=article&id=55:pengertian-kasih&catid=35:wayan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar