Selasa, 30 November 2010

Perkembangan kebudayaan dari dahulu,sekarang,dan yang akan datang

Perubahan Kebudayaan Masa Lalu,Sekarang Dan Masa Yang Akan Datang
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Masyarakat Masa Lampau
Masyarakat masa lampau adalah masyarakat yang kehidupannya masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama. Adat istiadat adalah suatu aturan yang sudah mantap dan mencakup segala konsepsi sistem budaya yang mengatur tindakan atau perbuatan manusia dalam kehidupan sosialnya.
Kehidupan Masyarakat Masa Lampau
1) Hubungan langsung dengan alam
2) Kehidupan dalam konteks yang agraris (Bercocok Tanam)
3) Tidak mempunyai Tempat tinggal yang tetap/Berpindah-pindah.

Masyarakat Masa Kini
Masyarakat masa kini (modern) adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban dunia masa kini. Masyarakat modern relatif bebas dari kekuasaan adat-istiadat lama.
Kehidupan Masyarakat Masa Kini
1) Alam dikendalikan dengan kemampuan pengetahuan mereka dalam menunjang kehidupan yang lebih baik.
2) Umumnya hidup dari sektor industri, selain itu mereka juga hidup dari sektor perdagangan kepariwisataan, dan jasa lainnya.
3) Mempunyai sarana komunikasi dan telekomunikasi yang lebih lengkap
Masyarakat Masa Yang akan Datang(futuristik)
Masyarakat masa Yang Akan Datang (Futuristik) adalah Masyarakat yang menjadi sangat modern karena pengaruh Masyarakat Masa Lampau Dan Masa Kini yang sudah berhasil memajukan teknologi.Masyarakat ini menggunakan segala suatu dengan teknologi yang mutakhir.
Kehidupan Masyarakat Masa Futuristik
1) Segala sesuatu yang bersifat/terlihat canggih dan serba praktis(tidak memakan waktu banyak).
2) Teknologinya bisa mencakup segala hal (segala aktifitas bisa dipermudah dengan teknologi.

Untuk mengetahui Kebudayaan yang berubah terlebih dulu kita mengetahui Perubahan sosial Budaya.
Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Hakikatnya manusia selalu ingin berubah. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Perubahan sosial budaya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya komunikasi; cara dan pola pikir masyarakat; faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik atau revolusi; dan faktor eksternal seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.Walaupun semua itu terganntung pula kondisi masyarakatnya itu sendiri.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial_budaya
http://ifzanul.blogspot.com/2010/06/masyarakat-tradisional-masyarakat.html
http://larasatisoebekti.blogspot.com/2009/11/futuristik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar